Breaking News
Loading...

Illustrasi bc
Syiahindonesia.com - Baru baru ini beredar broadcast melalui socmed baik Facebook ataupun WA dan lain sebagainya perihal diperbolehkannya mencela Sahabat Nabi saw. Diketahui dengan pasti bahwa bc tersebut bersumber dari Syiah.

Berikut isi broadcast tersebut:

HUKUM MENCELA SAHABAT NABI RADHIYALLAHU ANHUM

ﺣﻜﻢ ﻣﻦ ﺳﺐ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﺑﻐﻴﺮ ﺍﻟﺘﻜﻔﻴﺮ
ﻭﻟﺬﻟﻚ ﺣﺎﻟﺘﺎﻥ : ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺣﻜﻢ ﺳﺐ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ , ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺣﻜﻢ ﺳﺐ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ

Ada 2 kondisi:
1. cela semua shahabat
2. cela sebagian shahabat
ﺍﻟﺤﺎﻟﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ :
ﺳﺐ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﺑﻐﻴﺮ ﺍﻟﺘﻜﻔﻴﺮ :
ﻭﻫﺬﺍ ﻻ ﺷﻚ ﺃﻧﻪ ﻛﻔﺮ ﻷﻧﻪ ﺗﻜﺬﻳﺐ ﻟﻶﻳﺎﺕ ﻭﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﺍﻟﺘﻲ ﻣﺪﺣﺘﻬﻢ
kondisi no 1 jelas kafir.
ﺍﻟﺤﺎﻟﺔ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ :
ﺳﺐ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﺑﻐﻴﺮ ﺍﻟﺘﻜﻔﻴﺮ :
ﻭﻟﺬﻟﻚ ﺟﻬﺘﺎﻥ :
ﺍﻟﺠﻬﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ :
ﺳﺐ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻟﻜﻮﻧﻬﻢ ﺻﺤﺎﺑﺔ :
ﻭﻫﺬﺍ ﻻ ﺷﻚ ﻓﻲ ﻛﻔﺮﻩ ﺃﻳﻀﺎ
cela sebagian sahabat, ada 2 macam:
1. cela dia karena kesahabatannya. INI JELAS KAFIR.
ﻭﺍﻟﺠﻬﺔ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ :
ﺳﺐ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻷﻣﺮ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺼﺤﺒﺔ :
ﻭﻫﻨﺎ ﻭﻗﻊ ﺍﻟﺨﻼﻑ ﻓﻤﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻣﻦ ﺣﻜﻢ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺑﺎﻟﻜﻔﺮ ﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﺤﻜﻢ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺑﺎﻟﻜﻔﺮ ﺑﻞ ﺑﺎﻟﻔﺴﻖ ﻓﻘﻂ ﻭﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ ﺟﻤﻬﻮﺭ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ , ﻭﻗﺪ ﻭﻗﻊ ﺍﻟﺨﻼﻑ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﺬﻫﺐ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺬﺍﻫﺐ ﺍﻷﺭﺑﻌﺔ
2. cela dia karena hal lain (bukan karena kesahabatannya).
HUKUMNYA DIPERSELISIHKAN ULAMA:
1. mayoritas ulama: fasiq, tidak kafir, masih muslim.
2. sebagian ulama: kafir juga.
(syeh yaafi'i yaman)
ﻗﻠﺖ
ﻭﻣﻦ ﻫﻨﺎ ﻋﺮﻓﺖ ﻣﺪﻯ ﻋﻠﻢ ﻣﻦ ﺗﻘﻮﻝ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﻘﻴﺮ ﺍﺑﻲ ﺯﻳﺪﺍﻥ ﺑﺎﻧﻪ ﻣﺘﺸﻴﻊ ﻟﻤﺎ ﻛﺘﺐ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ
dari situ antum tahu polah ruwaibidhah kontemporer atas nama agama, yang dengan cepat memvonis buruk kepada orang lain tanpa dasar ilmu.
======================
Tanggapan atas Broadcast:

Semua ulama secara ijma' bersepakat tentang keadilan para sahabat. Allah pun menjamin mereka radhiyallahu anhum dengan surga.

ﻭَﺍﻟﺴَّﺎﺑِﻘُﻮﻥَ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻟُﻮﻥَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﻬَﺎﺟِﺮِﻳﻦَ ﻭَﺍﻟْﺄَﻧْﺼَﺎﺭِ ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺍﺗَّﺒَﻌُﻮﻫُﻢْ ﺑِﺈِﺣْﺴَﺎﻥٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻢْ ﻭَﺭَﺿُﻮﺍ ﻋَﻨْﻪُ ﻭَﺃَﻋَﺪَّ ﻟَﻬُﻢْ ﺟَﻨَّﺎﺕٍ ﺗَﺠْﺮِﻱ ﺗَﺤْﺘَﻬَﺎ ﺍﻟْﺄَﻧْﻬَﺎﺭُ
ﺧَﺎﻟِﺪِﻳﻦَ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺃَﺑَﺪًﺍ ۚ ﺫَٰﻟِﻚَ ﺍﻟْﻔَﻮْﺯُ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴﻢُ
Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar. [Surat At-Tawbah 100]

Ini hanya satu ayat saja di antara berjibunnya ayat yang disebutkan Allah dalam kalamNya. Jika Allah telah menjanjikan surga untuk mereka, menyebut kemuliaan mereka secara menyeluruh dalam ayat-ayatNya. Maka, mencela mereka walaupun hanya sebagian adalah bentuk kekufuran terhadap Al-Quran. Lantas alasan apa yang menjadikan HQA Syiah Gumuk Solo membagi-bagi hukum tidak jelas ini, sedangkan para ulama telah bersepakat. Wal iyyadzu billah.

Waspadai senyapnya syubhat Syiah Kiyai Gumuk dan para pengikut Syiahnya. Ternyata mereka belum berhenti menebar syubah Syiah setelah sekian lama tiarap karena Kiyainya terbukti Syiah.

Diketahui pula bahwa sumber broadcast tersebut adalah berasal dari HQA Syiah Gumuk Solo. (nisyi/syiahindonesia.com)

0 comments: