Breaking News
Loading...


Prof. Dr. Syafiq Mughni
SYIAHINDONESIA.COM (Jakarta) – Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta pada hari Kamis (28/1/2016) mengadakan seminar nasional dengan menghadirkan beberapa tokoh internasional maupun nasional. Tema yang diangkat pada seminar ini ialah “Haji dan Persaudaraan Universal.”

Seminar ini diadakan oleh Yayasan Insan Mulia Cendekia dan didukung oleh Islamic Center Cultural (ICC) bertempat di Kampus UIN Syarif Hidayatullah tepatnya di ruang Theater Room Prof. Aqib Suminto (lt. 2) Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Narasumber yang dihadirkan pada seminar ini ialah;

1.    Prof. Dr. Said Aqid Siradj (Ketua umum PBNU)
2.    Prof. Dr. Syafiq Mughni (PP Muhammadiyah)
3.    Prof. Dr. KH. Jalaluddin Rakhmat (Ketua dewan syura IJABI Pusat)
4.    Prof. Dr. Yahya Jahangiri Surawardi (Wakil Ketua Majma’ Taqrieb Bainal Madzahib Republik Iran)
5.    Dr. Arief Subhani (wakil Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi)

Seminar ini dihadiri kurang lebih 150 orang yang terdiri dari para tokoh dan mahasiswa. Mereka sangat antusias pada acara ini karena menghadirka para pembicara yang reputasinya terkenal di kalangan mahasiswa maupun masyarakat. Namun, pembicara pertama; Prof. Dr. Said Aqil Siradj tidak dapat hadir karena ada urusan mendadak dan penting.

Pada seminar ini, perwakilan PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Syafiq Mughni sangat mendukung pendekatan antar madzhab.

“Saya sangat setuju dengan ide atau misi haiatu taqrib bainal madzahib,” tutur Dr. Syafiq Mughni.

At-Taqrib bainal madzahib ini harus di mulai dari mempelajari madzhab-madzhab yang berkembang, Syiah mempelajari Sunni, Sunni mempelajari Syiah, dan demikian pula Khwarij, Mu’tazilah, dan sebagainya,” tambahnya.

Haji dan persaudaraan universal yang diangkat pada seminar ini menghasilkan sebuah deklarasi yang disetujui oleh banyak pihak di antaranya; Prof. Dr. Jalaluddin Rakhmat (Ketua Dewan Syuro IJABI Pusat), Prof. Dr. Syafiq Mughni (PP Muhammadiyah), Prof. Dr. Hadi Suristiyo S (Ketua pembina Yayasan Insan Mulia Cendekia), dan lain-lain.

Penulis: Arham

0 comments: