Breaking News
Loading...

Kaum Syiah dari Afghanistan pasca penggrebegan di Yogyakarta
Syiahindonesia.com - Sejumlah massa dari berbagai Ormas Islam Yogyakarta menyambangi Gedung Pemuda Ambarbinangun pada Selasa (19/10) dinihari.

Gedung tempat penampungan imigran Syiah dari Afganistan yang beralamat di Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul ini diduga sebagai tempat digelarnya ritual Syi’ah beberapa hari ini.

Menurut Iqbal, saksi mata di lokasi kejadian sekira 31 orang yang tengah terlibat dalam ritual tersebut telah diamankan Polres Bantul.

“Semuanya dari Afghanistan, mereka memegang kartu UNHCR. Saya juga sempat bertanya ke salah satu dari mereka katanya mereka pengungsi dari Gozni (sebuah wilayah di afganistan, rep),” terangnya.

AKBP Agus, Anggota Polres Bantul membenarkan adanya kejadian tersebut. Dikonformasi melalui sambungan telepon pada Selasa (19/10) pagi tadi, AKBP Agus membenarkan bahwa puluhan massa yang diamankan dari Gedung Pemuda Ambarbinangun adalah imigran dari Afghanistan.

Adapun mengenai jumlah, AKBP Agus belum bisa memberikan kepastian datanya.

Menurut Iqbal, saat sejumlah massa tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) mereka tengah melakukan ritual memukul-mukul badan.

“Saya juga melihat di gedung tempat mereka ritual terpasang berbagai kaligrafi khas Syiah yang mungkin tengah dipersiapkan untuk ritual Asyuro,” kata dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kiblat.net, rencananya pagi ini akan diadakan audiensi antara elemen-elemen Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) yang terdiri dari berbagai Ormas Islam antara lain HI, GPK, MMI, KOKAM, PMJ, FJI, JAT dengan imigran yang terlibat kejadian itu. (kiblat.net/syiahindonesia.com)

0 comments: