Breaking News
Loading...

Akhlak Kang Jalal (2)
Siapa yang tidak kenal Prof. Dr. Jalaludin Rahmat? Dia adalah cendikiawan syiah yang gemilang, memiliki kemampuan berkomunikasi yang tidak diragukan lagi. Dia juga Sudah menulis begitu banyak buku. Oleh karenanya, banyak masyarakat terpukau oleh gelar dan retorikanya, oleh tulisannya yang nampak berbobot dan bersandarkan referensi-referensi yang banyak.

Beberapa tahun lalu, kami pernah menulis tentang Prof Dr Jalaludin Rahmat, dengan judul Akhlak Kang Jalal, menjelaskan kecurangan Prof Dr Jalaludin Rahmat dalam diskusi yang disiarkan langsung oleh televisi.

Apakah hanya kali itu saja Kang Jalal, panggilan akrab Prof Dr Jalaludin Rahmat, berbuat curang?

Ternyata tidak sekali itu saja. Kami meneliti buku Prof Dr Kang Jalal yang berjudul Dahulukan Akhlak di atas Fiqih, ternyata kami menemukan kedustaan dalam menukil riwayat dari kitab.

Di halaman berapa? Ada di halaman 167:

Aisyah meriwayatkan : Ayahku telah mengumpulkan 500 hadis Rasulullah Saw. Pada suatu pagi ia datang padaku dan berkata: “Bawalah hadits-hadist yang ada padamu itu. Aku membawanya. Lalu ia membakarnya dan berkata: “Aku takut jika kau mati aku masih meninggalkan hadits-hadits ini bersamamu.

Demikian yang ada dalam halaman 167, ternyata juga tercantum dalam hal 232.

Dari mana referensi Prof Dr Kang Jalal? Referensi tidak langsung ditulis di halaman footnote, tapi ada di bagian akhir buku tepatnya di halaman 265, yaitu Tazkiratul Huffaz jilid 1 : 5, dan Kanzul Ummal jilid 1 : 174. Mari kita lihat langsung sumber aslinya supaya kita semua tahu yang terjadi sebenarnya.

Inilah bunyi riwayat asli dalam kitab Tazkiratul Huffazh. Aisyah berkata: Bapakku mengumpulkan hadits dari Rasulullah saw, dan terkumpul 500 hadtis. Lalu dia tidur dengan gelisah di malam hari, aku sedih akan hal itu, dan bertanya: apakah engkau gelisah karena sakit, atau karena mendengar sesuatu? Pada pagi harinya, dia berkata: wahai putriku, bawa kemari hadits-hadits yang ada padamu, lalu aku membawanya dan meminta untuk membakarnya. Aku bertanya: mengapa engkau membakarnya? Jawabnya: aku takut ketika aku wafat, hadits-hadits itu tetap berada padaku, bisa jadi ada di dalamnya hadits yang aku dengar dari orang yang kupercaya, tapi aku menulis berbeda dengan yang aku dengar, maka aku sudah ikut menukil hal itu. Ini tidak shahih, Wallahu A’lam.

Yang bergaris bawah adalah ucapan ad-Dzahabi, artinya riwayat itu tidak shahih. Tapi kenapa Prof Dr Kang Jalal tidak ikut menyertakan keterangan ad-Dzahabi?

Ini sudah pasti karena keterangan ad-Dzahabi akan mementahkan tujuannya. Prof Dr Kang Jalal ingin menukil hadits itu untuk tujuan-tujuannya, dan pembaca berasumsi bahwa hadits itu shahih. Tapi sejatinya ad-Dzahabi sendiri sudah menjelaskan bahwa hadits itu tidak shahih.

Pada hal 232, sebelum menukil riwayat ini, Prof Dr Kang Jalal berkata:

Mereka melarang periwayatan hadits dengan keras, Aisyah bercerita:….

Nah, Prof Dr Kang Jalal tidak menjelaskan bahwa riwayat ini tidak shahih, sebagaimana menurut imam ad-Dzahabi sendiri.

Mengapa riwayat ini tidak shahih? Di mana cacatnya? Marilah kita lihat dalam Kanzul Ummal…

Di sana kita temukan riwayat yang sama, dan memang sumber riwayat itu adalah dari Al Hakim. Tapi ada yang menarik, ternyata dalam Kanzul Ummal dinukil riwayat ini dari Ibnu Katsir :

Al-Hafiz Imaduddin Ibnu Katsir berkata dalam Musnad As-Shiddiq: Abu Abdullah Al-Hakim An-Naisaburi berkata…

Nah di akhir riwayat Ibnu Katsir mengomentari sanadnya :

Riwayat ini sangat aneh sekali, dan Ali bin Shaleh tidak diketahui.

Ali bin Shaleh adalah salah satu perawi riwayat ini. Identitasnya tidak diketahui, atau bisa jadi diketahui siapa dia, tapi tidak diketahui status validitasnya. Maka riwayat ini menjadi tidak shahih, seperti kata ad-Dzahabi.*[hkk].


************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: