Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com, Hasakah – Milisi Kurdi Suriah, Pasukan Demokratik Suriah, memperingatkan milisi Syiah Irak Al-Hasd Al-Syakbi untuk tidak memasuki wilayah kontrolnya. Peringatan ini dikeluarkan beberapa hari setelah koalisi milisi Syiah Irak itu mengumumkan sudah berada di pintu masuk Suriah setelah berhasil memukul mundur pasukan Daulah Islamiyah (ISIS).

“Kami akan melawan setiap upaya milisi Al-Hasd Al-Syakbi untuk memasuki daerah-daerah yang dikuasai pasukan kami. Kami tidak akan membiarkan pasukan manapun memasuki wilayah kami,” ancam juru bicara Pasukan Demokratik Suriah, Thilal Salow, Rabu (31/05).

Sebelumnya, seorang komandan milisi Al-Hasd dari kelompok bersenjata Al-Badr, Hadi Al-Amiri, mengumumkan bahwa pasukannya tengah bergerak menuju kota Al-Qaim, Irak, yang berbatasan dengan kota Abu Kamal di pedesaan Dier Zour timur, Suriah. Hal itu membuat milisi Syiah tersebut berhadapan langsung dengan milisi Kurdi Suriah yang berada di wilayah Hasakah tenggara.

Amiri juga mengatakan bahwa pasukannya saat ini mempersiapkan diri membersihkan perbatasan Irak-Suriah dari ISIS. Mereka segera menuju perbatasan kendati pertempuran dengan ISIS di Mosul kota belum usai.

Amiri yang pasukannya sudah berada di Suriah menyatakan bahwa Al-Hasd Al-Syakbi siap memindahkan pertempuran dengan ISIS ke Suriah. Akan tetapi, ia mengaku bahwa hari itu terjadi jika pertempuran dengan ISIS di dalam Irak sudah berakhir.

Di saat yang sama, milisi-milisi Syiah di Suriah dan militer Assad tengah menggelar operasi di wilayah gurun. Di mana wilayah tersebut dilalui jalan internasional yang menghubungkan Damaskus dan Baghdad. Jika operasi ini berhasil, keberadaan milisi Syiah Irak di Suriah semakin kuat. (kiblat)

0 komentar: