Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com, Hama – Salah satu wilayah yang menjadi target serangan rutin pasukan Bashar Assad dan sekutunya adalah Hama utara. Akibatnya, banyak bangunan infrastruktur, rumah sakit, sekolah, tempat pemukiman pengungsi dan masjid hancur.

“Pedesan Hama utara telah menjadi target rutin yang terus mendapat kiriman bom dari pasukan udara rezim Suriah dan sekutunya, Rusia,” kata sebuah pernyataan dari dewan oposisi.

Seorang aktivis setempat menambahkan, bahwa dengan dukungan senjata berat, pasukan rezim berusaha untuk mengusir pejuang Suriah dari provinsi Hama. Selain itu, untuk mengamankan wilayah yang didominasi komunitas Syiah di dataran Al-Ghab.

Dikutip dari Zaman el-Wasl, pada Ahad (30/04) dini hari, setidaknya 8 orang yang bekerja di sebuah kelompok bantuan untuk Suriah terbunuh dalam serangan udara Rusia yang menyasar kota Kafr Zeita di pedesaan Hama utara.

“Delapan orang relawan di organisasi White Helmet terbunuh saat Rusia menargetkan kantor mereka dengan bom cluster,” kata aktivis setempat. “Pengeboman mamatikan itu membuat rumah sakit utara di kota tidak dapat beroperasi lagi,” imbuhnya.

Pekan lalu, pasukan Rezim dilaporkan telah merebut Helfaya, Soran dan sebagian kota Taybet Al-Imam di Hama utara. Lalu dilanjutkan dengan memperluas wilayahnya di sepanjang jalan raya strategis antara Damaskus dan Aleppo.

Selama krisi Suriah, tercatat lebih dari 456.000 orang terbunuh di Suriah sejak meletus pada Maret 2011 yang diawali demonstrasi damai menuntut keadilan kepada Rezim. (kiblat)

0 comments: