Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Perubahan al-Qur’an

Siapapun yang mengatakan bahwa al-Qur’an telah berubah, maka dia berarti telah menentang kesaksian Allah SWT dalam al-Qur’an:

إنا نحن نزلنا الذكر وإنا لـه لحافظون

Artinya: “Sesungguhnya kamilah yang menurunkan al-Qur’an, dan benar-benar memeliharanya”. (QS. Al-Hijr: 09).

     Namun, Syi’ah dengan ajaran sesatnya telah mengatakan bahwa al-Qur’an telah dirubah oleh para Sahabat. Dan, Khomeini dalam kitabnya “Tahrirul Wasilah” mengatakan: “mush-haf yang ada pada orang-orang (selain Syi’ah) telah berubah, ditambah dan dikurangi.”49) diriwayatkan oleh al-Jazairi, bahwa ulama Syi’ah telah sepakat dengan “keshohihan” dan “kemutawatiran” hadits-hadits yang secara terang-terangan menyatakan adanya perubahan dalam al-Qur’an. 50)
Kamaluddin al-Bahrani dalam “Nahjul Balaghoh” menyebutkan tuduhan-tuduhan Syi’ah terhadap Utsman ra yang mengatakan membaca al-Qur’an dengan Qiro’at (bacaan) Zaid bin Tsabit. Kemudian Utsman membakar mushaf , dan membatalkan (menyatakan salah) isi al-Qur’an yang benar-benar diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 51)
Seorang tokoh Syi’ah Ni’matullah al-Jazairi dalam kitabnya al-Anwar menyatakan bahwa; “banyak riwayat-riwayat dan hadits-hadits yang mengatakan bahwa bentuk asli al-Qur’an sebagaimana waktu diturunkan tidak ada yang menghimpun kecuali Amirul Mu’minin (Ali).” 52) Suatu hadits masyhur dikalangan Syi’ah yang diriwayatkan oleh Muhammad bin Ya’kub al-Kulaini dan Jabir al-Ju’fi, ia mendengar Abu Ja’far berkata, “orang-orang yang mendakwakan dirinya sebagai penghimpun al-Qur’an dengan aslinya, adalah bohong. Sebab, tidak ada orang lain yang menghimpun al-Qur’an dengan aslinya kecuali Ali dan para Imam sesudahnya.” 53)
Seorang mufassir Syi’ah benama al-Kasyi mengatakan, “kesimpulan dari seluruh riwayat dan hadits yang dikatakan oleh Ahlul bait mengatakan bahwa al-Qur’an yang ada ditangan kita seluruhnya sesuai dengan al-Qur’an ketika diturunkan kepada Muhammad SAW. Bahkan didalamnya terdapat ayat yang bertentangan dengan ayat yang diturunkan kepada Muhammad SAW. Ada juga yang telah dirubah atau dihapus, dan banyak pula ayat-ayat yang dibuang. Lain dari itu semua, susunan ayatnya tidaklah sebagaimana susunan yang diridloi oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.” 54)
Itulah diantara penyataan-pernyataan sesat Syi’ah dalam masalah al-Qur’an yang jelas-jelas bertentangan dengan kebenaran janji Allah SWT dalam Surat al-Hijr ayat 9. maka dari itu, untuk meredam bahaya Syi’ah yang hendak meruntuhkan ajaran Islam, perlu dicamkan bahwa, “siapa saja yang merendahkan al-Qur’an, mencacinya, mendustakannya, mengingkarinya, ataupun mendustakan sebagian hukum yang telah disebutkannya, atau menetapkan apa saja yang telah dinafikannya, baik hal itu dilakukan secara sengaja atau atas keragu-raguan, maka dia adalah KAFIR,” sesuai dengan kesepakatan para ulama Ahlissunnah. 55) Allah SWT dalam Kitab-Nya telah berfirman:
) لا يأتيه الباطل من بين يديه ولا من خلفه تنزيل من حكيم حميد(
Artinya: “Yang tidak datang kepadanya (al-Qur’an) kebathilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Tuhan yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji”. (QS. Al-Fush-shilat; 42).
Disamping Syi’ah meyakini bahwa al-Qur’an yang ada ditangan umat telah dirubah oleh para Sahabat, mereka (Syi’ah) justru telah merubah ayat-ayat al-Qur’an. Diantaranya adalah:
1). ) ولقد عهدنا إلى آدم من قبل "كلمات في محمد وعلي وفاطمة والحسن والحسين والأئمة من ذريته" فنسي.56) 56)
Aslinya:
-  ) ولقد عهدنا إلى آدم من قبل فنسي ...( (طه:115)
2). ) وإن كنتم في ريب مما نزلنا على عبدنا "في علي" فأتوا بسورة من مثلـه ( 57) 57)
Aslinya:
-  ) وإن كنتم في ريب مما نزلنا على عبدنا فأتوا بسورة من مثلـه ( (البقرة: 23).
3). ) ولو أنهم فعلوا ما يوعظون به "في علي" وكان خيرا لـهم 58) 58)
Aslinya:
-   ) ولو أنهم فعلوا ما يوعظون به وكان خيرا لـهم ( (النساء : 66).
4). ) كبر على المشركين "بولاية علي" ما تدعوهم إليه( 59) 59)
Aslinya:
-   ) كبر على المشركين ما تدعوهم إليه ( (الشورى: 13)
5). ) فلنذيقن الذين كفروا "بتركهم ولاية أمير المؤمنين" عذابا شديدا ( 60) 60)
Aslinya:
-   ) فلنذيقن الذين كفروا عذابا شديدا ( (فصلت: 27).
6). هذا خصمان اختصموا في ربهم فالذين كفروا "بولاية علي" قطعت لـهم ثياب من نار ( 61) 61)
Aslinya:
-  ) هذا خصمان اختصموا في ربهم فالذين كفروا قطعت لـهم ثياب من نار( (الحج: 19).
7). ) وقل الحق من ربكم "في ولاية علي" فمن شاء فليؤمن ومن شاء فليكفر ( 62) 62)
Aslinya:
-  ) وقل الحق من ربكم فمن شاء فليؤمن ومن شاء فليكفر ( (الكهف؛ 29).

49) . Tahrirul Washilah: I/152.
50) . Fashlul Hithob: 30.
51) . Syarh Nahjul Balghog: XI/1.
52) . al-Anwar an-Nu’maniyyah.
53) . al-Kafi, kitabul Hujjah:I/228.
54) . Tafsir as-Showi, Muqoddimah: VI.
55) . Aqi-idu as-Syi’ah fil Mizan: 57.
56) . Ushulul Kafi, Kitabul Hujjah: I/484.
57) . Ibid.
58) . Ibid: 485.
59) . Ibid: 486.
60) . Ibid: 489.
61) . Ibid: 490.
62) . Ibid: 493.

(ahlussunah-wal-jamaah)

0 comments: