Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com, Damaskus – Serangan bom kembali menghantam kompleks yang disucikan pengikut Syiah di Damaskus. Ledakan yang terjadi pada Sabtu siang (11/03) kali ini terjadi di daerah Bab Mushali di Damaskus Lama. Puluhan orang, yang mayoritas pengikut Syiah, tewas dan luka-luka.

Portal berita Suriah, Enabbaladi.net, melaporkan ledakan besar tersebut terjadi dua kali. Sumber ledakan dari dua bus yang mengangkut para penziarah Syiah.

Media resmi rezim Suriah, SANA, menyebutkan serangan itu terjadi di dekat daerah Bab Ash-Shagir di distrik Bab Mushali, kota Damaskus. Korban berjatuhan antara luka-luka dan tewas. Belum diketahui pasti jumlahnya.

Berdasarkan keterangan saksi mata, dua ledakan tersebut disusul rentetan suara tembakan. Pasukan keamanan yang tak biasa dikerahkan menuju lokasi.

Media online aranews.org mengatakan, melansir dari sumber aktivis di Damaskus, korban sementara berjumlah 28 tewas dan 45 luka-luka. Sementara sumber lainnya menyebutkan jumlah sebenarnya lebih besar dari itu.

Sejumlah media Iran menunjukkan bahwa para korban adalah penziarah Syiah. Namun tidak dijelaskan apakah mereka warga Suriah atau warga asing.

Di saat yang sama, aktivis Damaskus mengatakan bahwa kemungkinan besar ledakan bersumber dari dua bus yang ditumpangi penziarah asal Irak dan Iran. Sehingga diyakini mayoritas korban warga kedua negara tersebut.

Sampai saat berita ini dilansir, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab di basis wilayah rezim Assad ini.

Bab Ash-Shagir merupakan kompleks kuburan keluarga (Ahlul Bait) Nabi Muhammad SAW, menurut keyakinan para pengikut Syiah. Hampir setiap hari para pengikut Syiah dari berbagai negara, terutama Iran dan Irak, mengunjungi kuburan ini. (kiblat)

0 komentar: