Breaking News
Loading...

Umatuana.com, Jenewa – Perserikatan Bangsa-Bangsa memimpin perundingan damai Suriah jilid IV di Jenewa. Dalam perundingan itu, negosiator dari oposisi Nashr Al- Hariri menekankan bahwa kegagalan upaya damai sebelumnya, disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh sekutu Assad.

Hariri mengkritik peran yang dimainkan oleh Iran dan milisinya. Hariri menuduh Teheran bertanggung jawab atas pelanggaran gencatan senjata dan gagalnya berbagai upaya damai Suriah. Kritikan yang sama juga dilontarkan terhadap Rusia selaku sekutu terpenting Bashar Al Assad.

“Iran adalah kendala utama untuk setiap jenis kesepakatan politik,” kata Hariri seperti dikutip Reuters

Perundingan Jenewa jilid IV ini berlangsung pada Kamis (23/02). Sedangkan delegasi oposisi tiba sehari sebelumnya. Perundingan ini kembali digelar setelah terhenti selama 10 bulan karena meningkatnya pertempuran dalam perebutan Aleppo.

Mediator dari PBB Staffan de Mistura mempertemukan kedua pihak yang bertikai demi mengakhiri perang dan menyepakati masa depan pemerintahan Suriah. PBB mengatakan perundingan ini sangat menentukan masa depan bagi Suriah.

“Kita tahu apa yang akan terjadi jika kita gagal sekali lagi. Korban yang berjatuhan semakin banyak, terorisme berkembang, dan pengungsi semakin bertambah,”ungkap Staffan de Mistura. (kiblat)

0 comments: