Breaking News
Loading...

Syiah Hizbullah
Syiahindonesia.com - Kelompok Syiah Hizbullah Lebanon telah melarang anggotanya melakukan ibadah haji tahun ini. “Hizbullah baru-baru ini mengeluarkan keputusan internal yang melarang pemimpin dan anggotanya dari pergi ke tempat-tempat suci di Arab Saudi untuk haji tahun ini,” kata sumber yang dekat dengan kelompok itu kepada Anadolu Agency, Rabu (07/09).

Sumber itu mengatakan larangan itu sejalan dengan keputusan Iran untuk melarang warganya untuk berhaji tahun ini karena terlibat konflik dengan Arab Saudi. Dia menambahkan bahwa Hizbullah mengancam akan mengusir anggota yang melanggar larangan tersebut.

Awal pekan ini, Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei menuding Riyadh sebagai “pembunuh” jamaah haji Iran yang tewas dalam insiden di Mina tahun lalu. Menjawab tudingan ini, Arab Saudi mengatakan bahwa Iran telah mempolitisir ibadah yang telah berjalan setiap tahun.

Pada bulan April, Riyadh dan Teheran gagal menyepakati parameter yang mengatur haji karena Iran menuntut perizinan ritual-ritual tertentu dalam ibadah haji mereka. Pemerintah Saudi mengatakan bahwa ritual itu akan menghambat pergerakan jamaah haji lainnya, selain tidak ada tuntunan dalam agama Islam. (kiblat)

0 comments: