Breaking News
Loading...

foto b y: acehcyber
Syaihindonesia.com - Iran dilaporkan telah mengeksekusi mati 10 Muslim Sunni atas tuduhan kasus terorisme pada Selasa 2/8 dini hari. Ke-10 orang diklaim dipaksa untuk mengaku dan tidak menjalani persidangan yang cukup adil.

Menurut laporan Iran Human Rights (IHR), eksekusi sudah dilakukan dengan cara digantung di Penjara Rajaee Shahr di Karaj, sebelah barat Teheran.
Menurut protokol hukum di Iran, terpidana mati akan dieksekusi dengan cara digantung sebelum Matahari terbit.

“Sebagian besar, jika bukan semua terpidana mati, tidak menjalani persidangan yang adil dan dihukum mati berdasarkan pengakuan yang dibuat di bawah penyiksaan,” ujar juru bicara IHR Mahmood Amiry-Moghaddam, seperti dimuat The Guardian, Rabu (3/8/2016).

Salah satu dari terpidana mati adalah Shahram Ahmadi yang didakwa bersalah "atas tindakan melawan Allah".

Pria berusia 28 tahun itu dituduh bergabung dengan kelompok Salafi. Pada 2009, Ahmadi ditangkap di Sanandaj. Ia dijatuhi hukuman mati dalam sebuah persidangan yang hanya berlangsung beberapa menit.

Otoritas Iran tidak menyediakan banyak informasi mengenai eksekusi mati tersebut. Otoritas Iran hanya menyebut kelompok tersebut "berusaha merekrut pengebom bunuh diri dan mencuri senjata dari otoritas keamanan Iran." (acehcyber)

0 comments: