Breaking News
Loading...

Serangan bom di Kuil Syiah utara Baghdad (foto alquds.co.uk)
Syiahindonesia.com - Bom meledak di kuil suci Syiah menewaskan 30 orang dan melukai sedikitnya 50 lainnya pada malam Jumat di kota Balad, sebelah utara Baghdad. Pembom bersenjatakan senapan dan sabuk peledak, menurut sumber keamanan Irak.

Otoritas keamanan Irak mengatakan, serangan itu dilakukan oleh unsur-unsur Daulah Islam (atau dikenal dengan sebutan ISIS). Ini merupakan serangan terbaru setelah serangan paling kejam beberapa hari lalu mengguncang ibukota Irak.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara Komando Gabungan Operasi Khusus Irak mengatakan bahwa dua pembom meledakkan diri di sebuah pusat perbelanjaan di dekat kuil, sementara pembom ketiga tewas, sementara sabuk peledaknya terlepas.

Perlu dicatat, sebagian besar penduduk ibukota Irak Baghdad adalah warga Syiah. Namun kota ini dikelilingi oleh banyak daerah pedesaan yang mayoritas Sunni.

Serangan itu terjadi lima hari setelah pembantaian yang terjadi di daerah pertokoan di Baghdad. Pelaku meledakkan minibus di sebuah jalan yang ramai di distrik Syiah Karrada pada malam Idul Fitri.

Menteri Kesehatan Irak Adila Hammoud, Kamis, telah mengeluarkan menyatakan bahwa pemboman berdarah Karrada dilakukan oleh ISIS. Korban telah meningkat menjadi 292 orang. (kiblat)

0 comments: