Breaking News
Loading...

Upacara Pemakaman Mustafa Badreddine, foto by: salam-online
Syiahindonesia.com - Komandan militer milisi Syiah Hizbullah Lebanon kembali tewas di Suriah. Komandan senior bernama Mustafa Amine Badreddine dilaporkan tewas dalam sebuah ledakan di bandara Damaskus awal pekan ini.

Awal pekan ini, kelompok Syiah Hizbullah telah mengkonfirmasi kematian salah satu komandannya di Suriah itu. Mereka mengklaim tengah menyelidiki dugaan rudal atau tembakan dari Israel, yang dianggap menjadi penyebab kematian Mustafa.

Tak ada pernyataan dari Israel sejauh ini terkait klaim kelompok Hizbullah Lebanon tersebut. Mustafa, 55 tahun, merupakan salah satu komandan yang berperan penting dalam operasi militer Syiah Hizbullah di Suriah sejak 2011.

Mustafa Amine Badreddine tercatat juga terlibat dalam pembunuhan terhadap mantan Perdana Menteri Rafik Hariri, pada 2005 silam. Dia diadili in absentia oleh pengadilan khusus di Den Haag, Belanda atas kejahatannya. Mustafa dianggap bertanggung jawab atas kontrol keseluruhan operasi pembunuhan Hariri.

Syiah Hizbullah Lebanon merupakan salah satu sekutu utama rezim Suriah, selain Iran dan Rusia. Ribuan milisi Syiah asal Lebanon telah diterjunkan dalam mendukung Bashar Assad dalam konflik yang telah berlangsung lebih dari lima tahun. (kiblat)

0 comments: