Breaking News
Loading...

Pengikut syiah di Nigeria
Syiahindonesia.com - Komunitas pengikut Syiah Nigeria menuntut pemimpin mereka, Ibrahim El-Zakyzaky dibebaskan dari penjara. Zakyzaky ditangkap karena dituduh menggerakkan pengikutnya menyerang rombongan Kepala Staf Militer Nigeria, Tukur Yusuf Buratai.

Juru bicara Gerakan Syiah Nigeria, Ibrahim Musa bahwa pemerintah harus membebaskan pemimpin mereka tanpa syarat.

“Kondisi kami untuk berpartisipasi dalam kegiatan komisi penyelidikan (oleh pemerintah) termasuk pembebasan tanpa syarat pemimpin kami Sheikh Ibrahim El-Zakyzaky,” katanya pada Senin (25/1).

Dikutip dari news.videonews.us, selain meminta pembebasan pemimpin Syiah, komunitas tersebut juga meminta pihak kemiliteran Nigeria bertanggungjawab atas hilangnya 730 rekan mereka.

“Tak satu pun dari para pengikut Syiah, dokter atau anggota keluarga telah terlihat sejak insiden itu,” jelasnya.

Kampanye Syiah juga ingin jaminan keamanan bagi siapa saja yang memberi kesaksian di sidang penyelidikan, sebelum, selama dan setelah memberikan bukti.

Namun tentara Nigeria sendiri secara tegas menolak tuduhan penggunaan kekuatan yang tidak proporsional, dengan pejabat yang mengatakan tentara bertindak dalam aturan keterlibatan.

Bentrokan sengit meletus bulan lalu antara militer Nigeria dengan ribuan pengikut Syiah Nigeria. Militer mengklaim, para pengikut Syiah yang memblokade jalan utama mencoba menyerang dan membunuh jenderal mereka. Saat itu, rombongan Jenderal Tukur tengah melintas di jalan yang diblokade itu. (kiblat.net)

0 comments: