Breaking News
Loading...

Hari Ahad (3/1/2016) warga negeri Syiah Iran membakar Kedutaan Saudi di Teheran.
Syiahindonesia.com - Sejumlah orang bertopeng melemparkan bom api ke sebuah kantor intelijen Arab Saudi di kota Qatif, wilayah timur kerajaan, kata para aktivis Syiah hari Senin (11/1/2016). Serangan itu kelihatannya merupakan aksi balas dendam atas eksekusi tokoh Syiah setempat bernama Nimr Al-Nimr awal bulan ini.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan “terjadi upaya serangan teroris yang gagal untuk membakar gedung tersebut dengan bom molotov” dan seorang pelaku telah berhasil ditangkap, lapor Reuters.

Rekaman video yang beredar di media sosial bertanggal 9 Januari 2016 menunjukkan beberapa pemuda berpenutup wajah bergerak di tengah kegelapan malam dan melemparkan bom-bom molotov melewati dinding yang membatasi sebuah bangunan. Kebanyakan dari bom molotov yang terlihat meledak di lokasi di area dalam tembok tersebut dan salah satunya membakar pohon.

Keotentikan rekaman video tersebut belum dapat dikonfirmasi.

Di bagian awal video tidak jelas siapa pelaku serangan itu. Namun, rekaman itu memuat catatan kaki yang menunjukkan bahwa serangan tersebut dilakukan oleh para pemuda Syiah yang membalas dendam eksekusi mati tokoh Syiah Nimr-Al-Nimr, yang giat menyuarakan pembangkangan terhadap pemerintah Arab Saudi.

Selasa pekan lalu, empat orang bersenjata membakar sebuah bus pengangkut pekerja perusahaan minyak di Provinsi Timur. Perusahaan minyak milik negara Aramco mengatakan tidak ada pekerjanya yang mengalami luka, dan pihak perusahaan tidak memberikan keterangan lebih lanjut. (hidayatullah.com)

0 comments: