Breaking News
Loading...

 Siang Ini, LSM Pro Iran Gelar Demonstrasi di Depan Kedubes Saudi Aliansi Anti Perang unjuk gigi gelar demo solidaritas untuk Syiah Nigeria di depan kedutaan nigeria beberapa waktu lalu.
Syiahindonesia.com - Sejumlah LSM pro Iran pada siang ini (04/01) akan menggelar aksi protes menyusul dieksekusinya tokoh Syiah Saudi, Nimr Baqir al-Nimr.

Para aktivis pro Iran itu sebagian di antaranya mengaku tergabung dalam Human Rights Alliance (HRA), Aliansi Anti Perang (A2P) dan Garda Suci Merah Putih (GSMP). Mereka akan menggelar aksi protes di depan Kedubes Saudi, Kuningan, Jakarta pada pukul 14.00 WIB.

“Kami aktivis yang tergabung dalam HRA-Human Rights Alliance, A2P (Aliansi Anti Perang) dan GSMP-Garda Suci Merah Putih mengundang rekan-rekan media untuk meliput aksi solidaritas kami pada : Senin, 4 Januari 2016, pkl.14.00, di Kedutaan Saudi, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta,” demikian bunyi siaran pesan yang diterima redaksi Kiblat.net pada Senin, (04/01).

Menurut sejumlah LSM pro Iran ini, pelaksanaan eksekusi terhadap Syaikh Muhamad Nimr Bagir al-Nimr pada hari Sabtu, 2 Januari 2016, di Arab Saudi merupakan upaya lain rezim Riyadh membungkam kekuatan reformasi di dalam negeri dan dunia Islam pada umumnya.

“Tragedi ini sebagai sinyal kuat rezim Riyadh untuk melemahkan gerakan reformasi dan kebangkitan rakyat di Saudi dan di kawasan lainnya. Di wilayah lain Saudi dan koalisi Arab melakukan intervensi militer di Yaman juga melakukan intervensi militer terhadap gerakan reformasi di Bahrain,” lanjutnya.

Mereka juga menuding Saudi mensponsori dan mempromosikan sektarianisme, kekerasan dan terorisme di Timur-Tengah, Afrika, Asia Barat, termasuk di Malaysia dan Indonesia.

Sebagaimana diketahui, para penganut Syiah di Iran melakukan aksi demonstrasi besar-besaran di kedutaan Saudi di Teheran dan konsulat jenderal Saudi di Kota Mashad. Massa pengunjuk rasa tak segan-segan bertindak anarkis, menurunkan bendera Saudi, membakar sebagian bangunan gedung kedutaan dan meneriakkan kata-kata kecaman bernada kasar.

Sementara itu, sejumlah LSM yang menggelar aksi pada siang nanti sebelumnya telah dikenal kiprahnya dalam mengusung agenda Syiah Iran dan menentang kebijakan Saudi. Garda Suci Merah Putih (GSMP) setiap tahun rutin menggelar aksi Al-Quds International Day di depan kedutaan Amerika. Al-Quds International Day merupakan seruan wajib yang dikumandangkan pemimpin Syiah Iran, Ayatullah Khomaeni.

Lalu, ada juga Aliansi Anti Perang (A2P) yang belakangan vokal mendukung kelompok pemberontak Syiah Hutsi di Yaman. Mereka juga mendemo kedutaan Nigeria setelah operasi militer negara itu yang menghabisi gerakan makar Syiah di Nigeria. (kiblat.com)

0 comments: