Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Laporan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan bahwa Iran telah mengirimkan senjata-senjata ke para pemberontak Syiah Houthi di Yaman sejak tahun 2009 lalu. Hal ini mengindikasikan, Teheran telah mendukung Houthi sejak tahun-tahun awal pemberontakan militan Syiah tersebut.

Laporan yang dibuat panel pakar tersebut telah disampaikan ke komite sanksi-sanksi Iran di Dewan Keamanan PBB pekan lalu. Demikian seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (1/5/2015).

Panel pakar tersebut melaporkan temuan hasil investigasi atas penyitaan kapal Iran oleh otoritas Yaman pada tahun 2013 lalu. Kapal bernama Jihan tersebut membawa persenjataan.

"Informasi yang dikumpulkan para pakar menunjukkan bahwa kasus Jihan mirip dengan pola pengiriman senjata ke Yaman via laut yang bisa ditelusuri mundur hingga setidaknya tahun 2009," demikian disampaikan dalam laporan PBB tersebut, lansir detik.news (1/5/2015)

Juga dilaporkan tentang kapal nelayan Iran yang pernah mencoba mengirimkan ratusan roket antitank dan antihelikopter untuk para pemberontak Houthi.

"Analisa lebih lanjut menunjukkan bahwa Republik Iran merupakan asal pengiriman ini dan bahwa penerima yang dituju adalah Houthi di Yaman atau kemungkinan dalam sejumlah kasus, adalah para penerima lainnya di negara-negara tetangga," demikian laporan PBB.

"Dukungan militer saat ini kepada Houthi di Yaman adalah konsisten dengan pola pengiriman senjata sejak lebih dari lima tahun lalu hingga sekarang," imbuhnya. (nisyi/syiahindonesia.com)

0 comments: