Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Dalam periode 12-18 April, rezim Syiah Iran telah mengeksekusi gantung sedikitnya 65 warga sipil Aswaja. 45 di antaranya dieksekusi di penjara kota Karaj. Pada tanggal 13 April, delapan korban digantung di Penjara Pusat Karaj sementara 13 lainnya mendapat ganjaran yang sama di Penjara Ghezel Hessar. Pada hari berikutnya, 19 Aswaja digantung di Penjara Gohardasht dan pada tanggal 15 April, rezim menggantung lima korban di Gohardasht. Di antara mereka yang dieksekusi adalah Javad Saberi, seorang yang masih berusia remaja pada saat penangkapannya. Demikian lansir NCR Iran pada Ahad (19/4).

Sedangkan seorang tahanan lainnya digantung pada 12 April di Mehriz (Provinsi Yazd), kemudian delapan orang pada tanggal 12 dan 15 April di Arak, tiga pada tanggal 14 dan 15 April di Shiraz serta masing-masing empat pada 13 April di Esfahan dan 18 April di  Zahedan. Dua dari proses eksekusi, di Mehriz dan di Shiraz, dilakukan dihadapan publik.

Sejumlah besar korban eksekusi masih muda di bawah usia 30 tahun dan berada di antara tahanan yang memprotes gelombang eksekusi massal di Penjara Ghezel Hessar pada bulan Agustus tahun lalu.

Protes tersebut digelar pada 12 April oleh para tahanan di penjara Karaj, setelah dipindahkannya teman satu sel mereka ke sel isolasi dalam persiapan untuk eksekusi gantung. Para pengunjuk rasa meneriakkan: “Kami tidak akan membiarkan Anda membunuh kami”. Selain itu, keluarga para Aswaja yang telah berada di ambang eksekusi juga berkumpul di depan penjara dan berteriak: “Kami tidak akan membiarkan Anda mengeksekusi mereka”.

Lebih gilanya lagi, dikatakan bahwa dalam beberapa pekan ke depan rezim berencana untuk menggantung 200 tahanan Aswaja di penjara Gohardasht dan Ghezel Hessar. Banyak keluarga para tahanan yang telah meminta untuk diizinkan berkunjung ke penjara untuk bertemu dengan orang yang mereka cintai untuk terakhir kalinya.

Karena takut akan adanya pemberontakan para tahanan, para pendeta di pihak rezim telah mengalihkan mereka yang akan dieksekusi ke penjara-penjara di kota terdekat, termasuk Penjara Besar Teheran di Jalan Hassanabad Varamin dan Penjara Pusat Qazvin. (antiliberal.news.com/syiahindonesia.com)

0 comments: