Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Pemberontak Syiah Houthi terus memperluas pengaruhnya di ibukota Sanaa. Kelompok bersenjata tersebut menduduki rumah petinggi militer Yaman Mayjen Ali Mohsen Al-Ahmar pada Senin (22/09) lapor Kiblat.net. Mayjen Ahmar adalah seorang pemimpin Devisi Pertama Lapis Baja Angkatan Darat.

Para pemberontak tersebut mengatakan bahwa mereka mempersiapkan untuk meledakkan kediaman petinggi militer Yaman itu.

Sebagaimana dilansir oleh Gemaislam.com Pemberontak Syiah Hutsiyin Ahad lalu berhasil menguasai ibukota Yaman dan menekan pemerintah untuk mengadakan kesepakatan. Jatuhnya ibukota dan memanasnya konflik antara pemerintah dan kelompok pemberontak bahkan membuat PM Yaman Mohammed Basindwa mengundurkan diri.

Pada akhirnya pemerintah Yaman terpaksa memenuhi keinginan pemberontak Hutsiyin karena mereka semakin menjadi-jadi melakukan perlawanan terhadap pemerintah.

Sepekan lalu saja misalnya,  pemberontakan kelompok Hutsiyin ini berhasil menewaskan sedikitnya 150 orang, sebagian besar merupakan pasukan pemerintah serta warga sipil.

Terlihat Presiden Abdrabuh Mansur Hadi, utusan PBB, Jamal Benomar, serta perwakilan-perwakilan dari kekuatan politik Yaman dalam penandatanganan kesepakatan.

Ironisnya setelah penandatanganan berlangsung, pemberontak Hutsiyin masih terus melakukan tekanan terhadap pemerintah.  Diantaranya dengan mengambil persenjataan baik ringan dan berat dari gedung persenjataan milik pemerintah dan memindahkannya ke kamp-kamp mereka, demikian seperti dikutip dari alarabiya, Senin (22/9/2014).

Selain itu,pemberontak Hutsiyin juga semakin massif dalam melakukan penyebaran di ibukota Sanaa. Padahal salah satu butir kesepakatan gencatan senjata adalah penarikan mundur semua anggota milisi Syiah Hutsiyin dan pembongkaran tenda-tenda mereka dari jalan-jalan raya ibukota.

Bahkan yang lebih provokatif lagi adalah perayaan yang dilakukan oleh kelompok pemberontak. Terlihat para pemberontak merayakan kesepakatan dengan membakar petasan dan kembang api serta menganggap kesepakatan ini sebagai sebuah kemenangan. (Lppimakassar.com/Syiahindonesia.com)

1 comment:

  1. Ada skenario yang lebih luas....
    http://myquran.or.id/forum/showthread.php/81622-Yaman-terkini-Keterlibatan-pbb-dan-iran-gt-gt-ada-apa

    ReplyDelete